Sedang Burnout? Lakukan 5 Langkah Ini Untuk MengatasinyaSedang Burnout? Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Mengatasinya

cadepharmacy.com –¬†Kelelahan secara fisik dan mental atau burnout bisa menurunkan performa dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika burnout?

Rasa lelah yang muncul tersebut perlu diatasi segera agar tidak menimbulkan kondisi yang lebih serius, seperti depresi.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur, melakukan meditasi, hingga melakukan terapi. Untuk itu, ketahui cara mengatasi burnout berikut ini.

Apa yang harus dilakukan ketika burnout?

Disarikan dari Cleveland Clinic dan WebMD, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi burnout yang bisa dicoba.

  • Mengurangi beban pekerjaan
    Beban pekerjaan yang terlalu berlebihan adalah salah satu penyebab burnout yang dialami oleh para pekerja. Ceritakan kondisi yang dialami kepada atasan dan negosiasikan beban pekerjaan yang diberikan agar bisa bekerja dengan lebih efektif.
  • Mendapatkan tidur yang cukup
    Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk burnout. Pastikan bahwa Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, atau setidaknya selama 7 jam, dan beristirahat lebih sering jika memungkinkan.
  • Melakukan kegiatan relaksasi
    Melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga dan meditasi, adalah salah satu cara mengatasi stres yang menyebabkan burnout. Selain melakukan kegiatan tersebut, Anda juga bisa melakukan hobi yang disukai sehingga suasana hati menjadi lebih baik.
  • Melakukan kegiatan mindfulness
    Mindfulness adalah teknik sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran lebih fokus terhadap berbagai kondisi yang sedang terjadi di sekitar Anda.
    Dengan melakukan kegiatan ini, Anda bisa memahami emosi yang sedang dirasakan sehingga bisa menyiapkan tubuh untuk mengatasi masalah yang akan muncul.
  • Mengutarakan perasaan pada teman atau keluarga
    Mengutarakan perasaan kepada teman atau keluarga akan membantu Anda memahami penyebab stres dan bagaimana cara menghadapinya. Anda akan mendapatkan dukungan yang diperlukan dari orang-orang yang Anda percaya sehingga beban yang dirasakan juga akan berkurang.
  • Berolahraga
    Melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berolahraga, akan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan mental. Dengan berolahraga setidaknya 30 menit sehari, hormon stres di dalam tubuh bisa berkurang dan produksi hormon bahagia bisa bertambah sehingga suasana hati juga akan lebih baik.
  • Memberikan batasan antara kehidupan dan pekerjaan
    Burnout sering terjadi ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja daripada untuk diri sendiri.
    Anda bisa belajar untuk menolak kegiatan yang akan menyita waktu dan tenaga agar bisa lebih fokus terhadap diri sendiri.

Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika burnout di atas, Anda bisa menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk mencari bantuan tenaga medis profesional, seperti psikiater atau psikolog, jika burnout yang dirasakan sudah mulai mengganggu kegiatan sehari-hari atau bertambah parah.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *